Contoh Action Plan Sekolah Dasar Terbaru

Action Plan Sekolah Dasar Terbaru - Berikut ini merupakan contoh Action Plan yang dibuat oleh Kepala Sekolah dalam mengelola atau memanajemen sekolah agar dapat meningkatkan mutu serta kualitas didalam pelayananya terhadap masyarakat. Pada contoh action plan berikut ini mengangkat materi tentang bagaimana Strategi dalam menciptakan lingkungan yang kondusif dan efektif di Sekolah Dasar. 

Contoh Action Plan Sekolah Dasar Terbaru

Latar Belakang
Suasana kondusif di sekolah sangat diperlukan dalam membuat sekolah yang efektif. Sekolah terdiri dari komponen individu yaitu Kepala Sekolah, Guru yang mengajar, orang tua siswa yang percaya dan pengelola sekolah yang memikirkan jalannya operasional sekolah. Suasana kondusif bukan berarti sekolah berjalan tanpa masalah, sekolah yang hebat justru mampu belajar dan bangkit dari masalah serta dapat menciptakan inovasi dilingkungannya.

Dalam dunia pendidikan, Kepala Sekolah merupakan kunci utama untuk menggerakan sekolah agar dapat berjalan sesuai fungsi yang diharapkan. Kepala Sekolah merupakan tugas profesional sebagai tugas tambahan yang diberikan kepada guru sebagai amanah dalam rangka terlaksananya proses pembelajaran yang baik dan bermutu untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Kepala sekolah merupakan elemen yang penting dalam mewujudkan sekolah yang bermutu/unggul. Proses pendidikan di sekolah harus diserahkan pengelolaannya kepada seseorang yang kompeten. Ada sebuah ungkapan: “It is very difficult to have a good school without a good principal.” Jelas ungkapan ini memperlihatkan hubungan erat antara mutu sekolah dengan kompetensi kepala sekolah.
Selanjutnnya adalah Guru. Guru yang baik adalah guru yang sensitif. Sensitif terhadap kebutuhan siswa sampai sensitif terhadap omongan kepala sekolah. Segala upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan sudah cukup banyak hasilnya, hal ini merupakan salah satu bentuk kesadaran yang dimiliki oleh guru dalam menjawab permasalahan yang selama ini menjadi pokok pembicaraan. Cara meningkatkan kualitas tersebut salah satunya juga dengan menjaga dan menata manajemen tata lingkungan sekolah yang baik.

Salah satu faktor penting yang dapat memaksimalkan kesempatan pembelajaran bagi anak adalah penciptaan lingkungan pembelajaran yang kondusif. Lingkungan pembelajaran dalam hal ini, adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan tempat proses pembelajaran dilaksanakan. Sedangkan kondusif berarti kondisi yang benar-benar sesuai dan mendukung keberlangsungan proses pembelajaran. Proses pembelajaran merupakan interaksi antara anak dengan lingkungannya, sehingga pada diri anak terjadi proses pengolahan informasi menjadi pengetahuan, keterampilan dan sikap sebagai hasil dari proses belajar. Oleh sebab itu, peranan kepemimpinan kepala sekolah, guru dan stakeholder yang kuat sangat diperlukan. Sekolah yang kondusif merupakan sekolah yang mampu memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga sekolah.

Tujuan menciptakan lingkungan yang kondusif dan efektif yaitu :
  1. Untuk membiasakan pengaturan peran dan tanggung jawab Kepala Sekolah, guru, staf sekolah, orangtua, siswa dan stakeholder sekolah.
  2. Untuk memberikan pengalaman kepada guru agar selalu menyentuh hati peserta didik dengan kasih sayang yang akan menguatkan hubungan batin antara guru dan peserta didiknya.
  3. Untuk memberikan rasa aman dan nyaman secara emosional dan intelektual.
  4. Membangun karakter kepedulian, keharmonisan, disiplin serta tanggung jawab terhadap sekolah.
  5. Membangun kesadaran diri bagi pengelola sekolah agar dalam menjalankan tupoksi menjadi bermakna.
  6. Untuk memberikan kemudahan belajar kepada siswa.
  7. Terciptanya standar pelayanan pendidikan sekolah dasar di DKI Jakarta
Manfaat menciptakan lingkungan yang kondusif dan efektif yaitu :
1. Bagi Siswa :
a) Suasana belajar semakin menyenangkan.
b) Pembelajaran akan semakin berkesan.
c) Dapat menumbuhkan karakter yang kuat dalam diri siswa
2. Bagi Guru :
a) Menumbuhkan karakter baru bagi guru
b) Membangun kinerja yang lebih baik
c) Mendekatkan hubungan batin antara guru dan peserta didiknya.
3. Bagi Sekolah :
a) Menjadikan lingkungan sekolah yang sehat
b) Masyarakat akan semakin percaya terhadap kualitas serta mutu pendidikan di SDN. Mangga Dua Selatan 01

Untuk lebih lengkapnya silahkan unduh Contoh Action Plan pada link berikut ini :
Action Plan Terbaru

0 Response to "Contoh Action Plan Sekolah Dasar Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel