Benarkah peran Guru dapat tergantikan oleh teknologi digital ?

Di era globalisasi seperti zaman sekarang ini perkembangan teknologi digital semakin canggih. Salah satu perkembangan yang paling dirasakan oleh seluruh umat manusia yaitu dengan munculnya berbagai macam teknologi digital yang dikemas dari berbagai macam aplikasi yang mudah diakses oleh siapapun. Teknologi digital dapat diakses dengan menggunakan internet. Internet merupakan sebuah teknologi yang dapat memberikan segala macam informasi serta pengetahuan, bahkan internet sudah menjadi bagian dari hidup mereka. 

Benarkah peran Guru dapat tergantikan oleh teknologi digital ?

Dunia pendidikan pun merasakan dampak positif dengan adanya teknologi digital tersebut. Salah satu contohnya yaitu mempermudah dalam pengelolaan data pendidik dan tenaga kependidikan maupun data siswa. Pesatnya perkembangan teknologi tersebut semakin mempermudah masyarakat untuk mendapatkan akses informasi yang akurat, efisien dan terbuka mengenai dunia pendidikan.

Teknologi digital juga dapat dirasakan oleh para peserta didik dalam hal ini adalah siswa-siswi di suatu sekolah. Siswa dapat dengan mudah memperoleh segala macam informasi yang dibutuhkan tanpa adanya peran seorang guru. Professor Sugata Mitra, sebagai pakar dalam bidang teknologi pengajaran di Universitas Newcastle, percaya bahwa para siswa akan dengan cepat beradaptasi dengan kemajuan teknologi dalam proses kegiatan belajar. Mereka bahkan akan dengan mudah melewati semua tes sekolah, dan untuk ini peran guru tidak diperlukan lagi. Namun, benarkah peran guru dapat tergantikan oleh teknologi digital ?
JANGAN SAMPAI PERAN GURU TERGANTIKAN OLEH TEKNOLOGI DIGITAL

Pada zaman dahulu, siswa berinteraksi langsung pada guru, agar ilmu dapat langsung masuk dan dapat dipahami. Pada saat terciptanya buku, diharapkan para siswanya bisa belajar tanpa guru. Namun pada akhirnya banyak ajaran seperti ajaran agama yang dibukukan dan bisa dipelajari tanpa menghilangkan peran guru. Secara tradisional seorang guru dilatih untuk memberikan pelajaran dan pengetahuan kepada muridnya, Jika seorang guru tidak dapat mengikuti perkembangan zaman maka peran guru tersebut sudah dapat dipastikan akan tergantikan oleh teknologi digital. 

Benarkah peran Guru dapat tergantikan oleh teknologi digital ?

Karena pada satu sisi peran guru dapat dengan mudah digantikan oleh internet. Mulai dari mengajarkan secara mudah berbagai materi pelajaran yang sulit dimengerti, seperti Ilmu Pengetahuan Alam lengkap dengan tampilan audio visual yang menarik mampu membuat murid nyaman dalam belajar. Guru saat ini perlu mengembangkan diri menjadi fasilitator belajar siswa ketika teknologi berperan penting dalam mengoptimalkan proses belajar

Teknologi digital dapat memberikan segala kebutuhan dan informasi yang dibutuhkan. Namun, jika seorang guru mampu dan selalu mengikuti perkembangan zaman di era globalisasi ini, teknologi tidak dapat menggantikan peran guru karna teknologi digital tidak dapat membimbing siswa dalam membangun dan mengembangkan kemampuan, karakter serta kompetensi yang dimiliki seorang siswa. Pada akhirnya seorang gurulah yang dapat memberikan semua kebutuhan tersebut. Peran guru adalah sebagai penunjuk jalan / arah ketika para siswa berada dalam “labirin pikiran”. 

Seorang guru profesional harus dapat memotivasi, menginspirasi, memberi tantangan kepada siswanya agar proses didalam kegiatan belajar mengajar menjadi lebih seru. Hingga pada akhirnya siswa dapat benar-benar mengerti tentang gagasan yang diajarkan. Guru profesional dapat menepis dampak negatif yang ditimbulkan dari pesatnya kemajuan teknologi digital. Dampak negatif yang sering terjadi seperti terdapat beberapa ancaman yang mudah menyebar di media baru dan memengaruhi generasi muda. Hal-hal seperti penyalahgunaan narkotika dan obat-obat terlarang, paham radikalisme dan intoleransi, serta berbagai informasi palsu atau kabar bohong adalah contoh beberapa sisi negatif perkembangan TIK.

Bagaimanapun juga teknologi tidak akan mampu menggantikan peranan guru, dalam memberikan instruksi saat menolong para siswa dalam memecahkan permasalahan, menumbuhkan kreativitasnya ataupun saat siswa membutuhkan pembentukan karakter dalam dirinya. Pengembangan karakter tersebut meliputi ketahanan, ketekunan, keberanian, rasa empati, rasa ingin tahu, kepemimpinan dan etika. Ini semua merupakan pilar yang membantu mereka dalam menghadapi setiap perubahan yang akan terjadi. usaha mengembangkan karakter bukan hanya sekedar menjalankan pendidikan yang baik semata, namun juga harus menjadi pusat dari kegiatan pendidikan itu sendiri.

Kesimpulannya teknologi hanyalah sebagai statistik dan daya dukung, sedangkan guru merupakan sarana utama yang dibutuhkan dalam proses belajar mengajar. Maka dari itu, guru dituntut untuk dapat mengoptimalkan teknologi digital secara maksimal. Sehingga antara guru dan teknologi digital dapat bersinergi dengan baik dalam membangun generasi-generasi penerus yang berguna bagi bangsa.

0 Response to "Benarkah peran Guru dapat tergantikan oleh teknologi digital ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel