Blog ini berisi tentang seputar informasi pendidikan, kesenian, keterampilan dan lain-lain

Contoh Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bab I Matematika Kelas 1 SD

by Andre Prima , at 8:43 PM , has 0 comments
Advertisements
Contoh Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bab I Matematika Kelas 1 SD - Berikut ini merupakan contoh Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada bab I mata pelajaran Matematika Kelas 1 Sekolah Dasar yang dapat dijadikan referensi guna penyusunan laporan PTK. Semoga dapat bermanfaat bagi anda.

Contoh Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bab I Matematika Kelas 1 SD

JUDUL PTK
“Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tentang Penjumlahan dan Pengurangan dengan Menggunakan Alat Peraga Tabel Bilangan pada Siswa Kelas I SD Negeri Mangga Dua Selatan 01 Jakarta Pusat”

I. Menemukan Masalah Pembelajaran di Kelas
Kelas 1 SD merupakan kelas yang penuh tantangan buat mereka yang siap mengajar di sekolah tingkat dasar (SD). Disini guru di tuntut pandai bergaul dengan siswa, pandai melakukan hal untuk membuat siswa merasa nyaman dan tidak takut dengan gurunya. Karenanya gur yang smart akan menggunakan pendekatan psikologis dengan cara masuk kedalam dunia anak. Maka jadilah si guru seorang pendongeng yang sangat menarik perhatian siswa, jadilah si guru artis yang siap menghibur siswanya dengan nanyian riang, jadilah si guru seniman handal yang mampu membuatkan gambar-gambar yang menarik perhatian siswa. Kalau sudah berhasi masuk ke dalam dunia anak, maka mengajak siswa untuk belajar akan lebih mudah. 
Siswa kelas 1 SD pada dasarnya masih lanjutan dari kelas TK, hal-hal yang sering di lakukan di TK masih akan di lakukan oleh siswa. Kebiasaan-kebiasaan yang mereka kerjakan saat di TK akan mereka kerjakan pula di kelas 1. Maka sebisa mungkin guru kelas 1 SD pun melakukan hal yang di lakukan guru TK dan perlahan-lahan membawa siswanya untuk mengenal cara belajar baru yang lebih dewasa buat siswa siswanya.
Guru-guru senior sering mengatakan, bahwa kelas 1 SD merupakan gerbang menuju pendidikan formal, sekali salah mengolah siswa disini, maka akan berdampak pada perkembangan sisiwa di kelas selanjutnya. Karenanya peran guru harus benar-benar maksimal dan berhati-hati.
Fokus utama guru kelas 1 SD adalah mengajari siswa untuk mengenal huruf dan angka, baca, tulis, dan hitung. Untuk bisa mengajar siswa mengenal huruf kemudian merangkainya menjadi kata dan kalimat, di perlukan metode yang baik agar target menjadikan siswa mampu membaca tercapai. Begitupun dengan target menghitung juga memerlukan metode yang baik.


II. Mengidentifikasi Masalah Pembelajaran
Namun masih sering kita temui permasalahan yang menjadi sorotan dalam proses belajar mengajar. Hal tersebut akan berdampak pada penurunan minat belajar serta hasil belajar siswa yang belum sesuai harapan yaitu belum mencapai hasil yang maksimal karena masih banyak guru yang kurang dapat mengembangkan kompetensi dalam menyusun perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi di dalam proses belajar mengajar.
Kegiatan pembelajaran pada siswa kelas 1 sekolah dasar pada umumnya membutuhkan alat peraga atau media yang sesuai dengan materi pembelajaran. Karena usia siswa kelas 1 cara berfikirnya masih kongkrit. Tetapi pada kenyataannya, banyak para pendidik dalam mengadakan proses pembelajaran terutama pelajaran matematika, hanya mengandalkan teori ataupun hafalan saja. Sehingga hasil yang dicapai peserta didik tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran.

III. Analisis Pembelajaran
Dari identifikasi masalah tersebut, kami menganalisa serta merumuskan masalah yang terjadi. Adapun analisa masalah yang ditemukan yaitu  siswa menjadi pasif di dalam proses pembelajaran dan kurang memahami konsep pelajaran matematika. Kesalahan dalam rancangan pembelajaran serta kurangnya penggunaan alat peraga dapat menurunkan minat belajar serta hasil nilai siswa tersebut.

IV. Alternatif Pemecahan Masalah
Sehubungan dengan hal tersebut, perlu dilakukan kajian atau penelitian untuk memperbaiki kondisi tersebut. Pemilihan alat peraga yang tepat dan  sesuai dapat memberikan pengalaman secara langsung untuk mengembangkan kompetensi siswa agar memahami konsep pembelajaran. Dalam hal ini, saya memilih materi pelajaran matematika kelas 1 tentang materi penjumlahan dan pengurangan sebagai bahan penelitian serta menggunakan alat peraga tabel bilangan dalam proses pembelajaran.

V. Rumusan Masalah
Berdasarkan permasalahan tersebut diatas, maka dirumuskan masalah dalam penelitian yaitu :
Apakah dengan menggunakan alat peraga tabel bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika tentang materi penjumlahan dan pengurangan di kelas I SDN. Mangga Dua Selatan 01?

Advertisement

Andre Prima
About
Contoh Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bab I Matematika Kelas 1 SD - written by Andre Prima , published at 8:43 PM, categorized as Pendidikan . And has 0 comments
Next Older Post
0 comments Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 MARIOATHA BLOG
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger