Permasalahan Sosial di Masyarakat

Jika kita perhatikan, banyak sekali permasalahan sosial disekitar kita. Permasalahan sosial yang paling sukar yaitu masalah kemiskinan, masalah sampah, serta masalah banjir. Namun masih banyak permasalahan sosial lainnya seperti pengangguran, putus sekolah, anak jalanan, kejahatan, masalah lingkungan, kepadatan penduduk, pengemis dan lain-lain.

Permasalahan sosial di sekitar kita


Ekonomi, pendidikan, kehidupan keluarga, lingkungan sekitar keluarga, serta prilaku seseorang menjadi pemicu timbulnya berbagai permasalahan sosial.

Slideshow lengkap tentang permasalahan sosial >>>klik disini<<<


berikut ini sedikit penjelasan tentang beberapa permasalahan sosial yang ada disekitar kita. 

Masalahan kemiskinan

Menurut Badan Pusat Statistik dan Departemen Sosial, kemiskinan adalah ketidakmampuan seseorang dalam memenuhi kebutuhan dasar, seperti makan, pakaian, dan perumahan. Kemiskinan merupakan penyebab utama permasalahan sosial di lingkungan masyarakat kita. Kemiskinan dapat menyebabkan seorang anak putus sekolah, seorang menjadi pengemis, menjadi anak jalanan, dan sebagainya

Anak Jalanan

Pernahkah lamu melihat anak seusiamu menjadi pengamen?
Bukankah seharusnya mereka menikmati masa kanak-kanak dengan bermain atau bersekolah? Masalah anak jalanan juga merupakan masalah sosial. Salah satu faktor mereka menjadi anak jalanan karena tekanan kondisi sosial ekonomi orang tuanya. Orang tua mereka tidak mampu mencukupi kebutuhan hidup keluarga. Hal inilah yang memaksa mereka untuk ikut bekerja. 

Menurut Departemen Sosial, anak jalanan adalah anak yang menghabiskan waktunya untuk mencari nafkah di luar rumah. Beberapa ciri umum anak jalanan, di antaranya yaitu berada di tempat umum, berpendidikan rendah, dan berasal dari keluarga yang tidak mampu. Anak-anak jalanan biasanya dapat ditemukan di beberapa tempat, seperti pasar, pusat perbelanjaan/mall, terminal bus, dan stasiun kereta api.

Kondisi seperti ini jelas tidak baik bagi perkembangan dan masa depan anak. Karena dapat menghambat masa depan mereka. Padahal anak adalah aset masa depan bangsa. Oleh karena itu, perlu diupayakan cara untuk dapat menanggulanginya. Upaya-upaya dalam menanggulangi anak jalanan antara lain:
- memberikan beasiswa dan pendidikan gratis
- memberikan ketrampilan
- adanya rumah singgah yang dilengkapi dengan fasilitas pendukung di dalamnya.

Kejahatan

Kejahatan adalah perilaku yang bertentangan dengan nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku yang merugikan orang lain. Krisis ekonomi merupakan salah satu penyebab kejahatan. Krisis ekonomi menyebabkan banyak orang di PHK dan perusahaan-perusahaan mengalami kebangkrutan. Banyak penduduk yang jatuh miskin. Akibatnya sebagian orang melakukan kejahatan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Bentuk-bentuk kejahatan seperti mencuri, merampok, membunuh, dan lain-lain.

Kejahatan itu merugikan diri sendiri dan orang lain. Adanya kejahatan akan meresahkan masyarakat. Oleh karena itu kita harus selalu waspada, karena kejahatan dapat terjadi di mana saja. Untuk mengendalikan semakin meningkatnya kejahatan harus dibudayakan taat hukum. Orang yang melakukan kejahatan harus dikenai hukuman, baik hukuman penjara maupun denda. Jika setiap masyarakat taat hukum maka lingkungan akan aman.

Masalah Kepadatan Penduduk

Negara kita merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Saat ini penduduk di Indonesia mencapai kurang lebih 200 juta jiwa. Masalah yang berkaitan dengan jumlah penduduk di Indonesia sangatlah penting. Jumlah penduduk terus bertambah, maka masalah sosial yang muncul juga akan bertambah. Seperti kemiskinan, kesehatan dan sebagainya.

Masalah Lingkungan Hidup

Lingkungan yang bersih dan aman tentu menjadi idaman semua orang. Kurangnya kesadaran masyarakat dalam mengelola lingkungan menyebabkan terjadinya pencemaran. Pencemaran lingkungan disebabkan karena masalah sampah dan limbah industri, serta perilaku manusia itu sendiri. Lingkungan yang rusak dapat mengakibatkan bencana alam seperti banjir.

Semoga bermanfaat.

Sumber : Buku BSE

1 Response to "Permasalahan Sosial di Masyarakat"

  1. sangatlah bagus. minta izin bwt penelitian ya kak. mohon restunya :-)

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel