Soal Latihan Online CPNS tentang Sinonim, Antonim, Padanan kata atau Pengelompokan Kata



TIPS dan TRIK 

Untuk soal SINONIM dan ANTONIM Jangan memilih kata yang memiliki bunyi mirip dengan soal, karena telah diamati bahwa jawaban seperti itu adalah 95% salah. Artinya kemungkinan untuk jawaban benar hanya sekitar 5%. Contoh:  

APORISMA 
a. Apriori 
b. Maksimal 
c. Bentuk 
d. Pendekatan 
e. Prima 

Perhatikan kata yang bercetak tebal (a dan e) adalah contoh jawaban yang salah. Maka anda tinggal memilih 3 jawaban yang lain.

Untuk pertanyaan ANTONIM atau Lawan Kata, Amatilah pilihan jawaban, carilah dua jawaban yang berlawanan! Seringkali jawaban soal antonim berada pada salah satu dari 2 kata yang berlawanan tersebut.
Hati-hati! Pada saat mengerjakan soal Antonim, jangan sampai berfikir anda sedang mencari sinonimnya/persamaannya. Ini sering terjadipada peserta test CPNS, dimana ketika ditengah-tengah tes ia tidak sadar telah mencari jawaban yang merupakan sinonimnya, bukan lawan katanya. Contoh pertanyaan Anonim (Lawan Kata):

KHAS 
a. Khusus 
b. Wabil Khusus 
c. Inklusif 
d. Eksklusif 
e. Umum 

Biasanya karena tergesa-tergesa banyak yang secara tidak sengaja menjawab Khusus, padahal jawaban lawan katanya adalah Umum. Sering-seringlah untuk membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia untuk menambah perbendaharaan kata yang belum anda ketahui.

0 Response to "Soal Latihan Online CPNS tentang Sinonim, Antonim, Padanan kata atau Pengelompokan Kata"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel