Kamus

Pengertian kamus
Kata kamus dipinjam dari bahasa arab qamus, dengan bentuk jamaknya qawamis. Kata arab itu sendiri berasal dari kata yunani okeanos yang berarti 'lautan'. Sejarah kata itu jelas memperlihatkan makna dasar yang terkandung dalam kata kamus, yaitu wadah pengetahuan, khususnya pengetahuan bahasa, yang tidak terhingga dalam dan luasnya. Dewasa ini kamus merupakan khasanah yang memuat perbendaharaan dari suatu bahasa. Dalam  KBBI (1995:438) kamus berarti (1) buku acuan yang memuat kata dan ungkapan yang biasanya disusun menurut abjad berikut keterangan tentang maknanya, pemakaiannya atau terjemahannya; (2) buku yang memuat kumpulan istilah atau nama yang disusun  menurut abjad beserta penjelasan tentang makna dan pemakaiannya. Menurut  Badudu – Zain   (1994), kamus diartikan sebagai buku yang berisi daftar kosakarta suatu bahasa secara lengkap, tersusun secara alfabetis, dan  diberi penjelasan serta contoh pemakaiannya apabila perlu. Hal yang senada juga di kemukakan oleh Keraf (1986) bahwa kamus merupakan buku referensi yang memuat daftar kosakata yang terdapat dalam sebuah bahasa yang di susun secara alfabetis disertai keterangan bagaimana menggunakan kata itu.
 
Dilihat dari bahasa yang digunakan kamus dapat dibagi atas 3 macam, yaitu (1) kamus ekabahasa, (2) kamus dwibahasa, (3) kamus aneka bahasa (multibahasa).
(1) kamus ekabahasa
kamus ekabahasa adalah kamus yang memuat kosakata suatu bahasa yang disusun secara          alfabetis dengan penjelasan makna dan contoh  pemakaiannya di dalam kalimat  dalam bahasa yang sama.
(2) kamus  dwibahasa
kamus dwibahasa adalah kamus yang memuat kata atau gabungan suatu bahasa yang disusun secara alfabetis dengan penjelasan makna dan contoh pemakaiannya di dalam bahasa lain, yang menjadi bahasa sasaran .
(3) kamus aneka bahasa (multibahasa)
kamus aneka bahasa (multibahasa) adalah kamus yang memuat daftar kata dengan padanannya dalam lebih dari dua bahasa yang berbeda.

Kamus berfungsi sebagai petunjuk bagi masyarakat pemakai bahasa Indonesia untuk mengetahui  seluk–beluk  bahasa dan sumber acuan yang dipakai sebagai pola panutan pemakainya, baik dalam segi ejaan, bentuk dan makna kata, serta struktur kalimat.

0 Response to "Kamus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel